14 Februari 2015

Katalog Buku Pedoman yang digunakan di Seksi P2P


Pada awalnya saya merasa sedih bercampur heran dengan ketidak-keberadaan beberapa buku pedoman-pedoman baik di tingkat puskesmas maupun dinkes padahal bekerja sudah bertahun-tahun tapi buku pedoman tidak punya, mungkin karena belum terinventarisasi dengan baik (tugas fungsional pustakawan kah ya?) sehingga bila terjadi pergantian petugas/pengelola program penyakit tertentu buku-buku tersebut juga akan ikut lenyap. Disamping dibutuhkan oleh pengelola program sebagai pedoman teknis baik di puskesmas maupun dinkes, buku pedoman tersebut juga dibutuhkan dalam penilaian akreditasi puskesmas.

Diantara buku yang belum ada "penampakannya" adalah Buku Pedoman mengenai (P2B2) Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang yang seringkali langka ditemukan di Puskesmas maupun di Dinas. Hal ini dimungkinkan disebabkan oleh keterbatasan pengadaan buku di tingkat kabupaten maupun provinsi juga ketertinggalan informasi karena kurangnya akses langsung ke pusat. Belum adanya kasus penyakit bersumber binatang-zoonosis seperti: leptospirosis, antraks, pes sehingga keberadaan buku pedoman juga terabaikan.

Oleh karena itu saya mencoba membuat katalog buku pedoman yang digunakan di Seksi P2P Bidang P2P (Pencegahan & Pengendalian Penyakit) dengan pengelompokkan sebagai berikut :

1. Pengendalian Penyakit (P2):
    a. Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2)
        1) Pengendalian Vektor
        2) Arbovirosis
        3) Malaria
        4) Kecacingan
        5) Filariasis
        6) Leptospirosis
        7) Zoonosis

    b. Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2ML)
        1) ISPA/Pneumonia
        2) Diare
        3) Tuberkulosis
        4) Kusta
        5) Frambusia
        6) HIV & AIDS

   c. Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2TM)

2. Surveilans Epidemiologi
3. Imunisasi
4. Kesehatan Matra

Buku-buku pedoman tersebut dalam bentuk hardcopy dan atau softcopy yang diterbitkan atau diunggah oleh lembaga dan situs resmi kementerian kesehatan.

Buku tersebut dapat dicopy di Seksi P2P dan yang tersedia softcopy dapat diunduh di blog ini.

Semoga bermanfaat.
Unduh Katalog Buku Pedoman P2P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar